Selasa, 04 Mei 2010

Hindari penyakit kecanduan Internet !

Internet merupakan perangkat untuk mencari informasi dengan mudah dan cepat. Selain untuk mencari informasi, di internet juga bisa melakukan banyak hal seperti : jualbeli, sosialisai, dll.


Tapi bagaimana bila kecanduan internet ? Belakangan ini seiring dengan berkembangnya internet, penyakit kecanduan ini semakin berkembang.


Dr. Kimberly Young menyebutkan beberapa gejala utama kecanduan internet.

  1. Pikiran pecandu internet terus menerus tertuju pada aktivitas berinternet dan sulit dibelokkan kearah lain.
  2. Adanya kecenderungan penggunaan waktu berinternet yang terus bertambah demi meraih tingkat kepuasan yang sama dengan yang pernah dirasakan sebelumnya.
  3. Yang bersangkutan secara berulang gagal untuk mengontrol atau menghentikan penggunaan internet.
  4. Adanya perasaan tidak nyaman, murung, atau cepat tersinggung ketika yang bersangkutan berusaha mnghentikan penggunaan internet. Adanya kecenderungan untuk tetap online melebihi waktu yang ditargetkan.
  5. Penggunaan internet itu telah membawa resiko hilangnya relasi yang berarti, pekerjaan, kesempatan studi, dan karier.
  6. Penggunaan internet menyebabkan pengguna membohongi keluarga, terapis, dan orang lain untuk menyembunyikan keterlibatannya yang berlebihan dengan internet.
  7. Internet digunakan untuk melarikan diri dari masalah atau untuk meredakan perasaan-perasaan negatif, seperti rasa bersalah, kecemasan, depresi, dan sebagainya.


Seseorang dapat disebut sebagai pecandu internet apabila sudah memenuhi sedikitnya lima kriteria yang sudah disebutkan Young tadi.


Cara-cara untuk mengobati kecanduan internet antara lain :

  1. Mengajak teman yang bisa mengingatkan kita ketika kita tenggelamdalam keasyikan berinternet.
  2. Menaruh komputer dan internet di tempat yang terbuka, juga menghubungkan diri dengan internet di tempat publik. Kenyamanan internet memang berkurang, tetapi akan mengurangi risiko kecanduan.
  3. Tidak berlangganan internet bila tidak sangat perlu,dan membatasi diri ketika kita harus berlangganan internet di rumah, atau ketika kita ke warnet.
  4. Menggantikan aktivitas berinternet dengan aktivitas lain yang lebih bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar